Selasa, 19 Juni 2018

Kiat-Kiat Menghilangkan Kebiasaan Jajan Sembarangan Pada Anak

Kiat-Kiat Menghilangkan Kebiasaan Jajan Sembarangan Pada Anak

Anak-anak sangat menyukai jajanan. Apalagi jajanan yang dijual di depan sekolah mereka. Tapi sayangnya Anda sebagai orang tua tidak bisa menjamin apakah jajanan tersebut baik untuk kesehatan anak. Terlebih tidak semua penjual jajanan memperhatikan cara pengolahan maupun kebersihan jajanan anak tersebut. Inilah yang akhirnya menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua.

Kekhawatiran yang dirasakan orang tua adalah wajar. Mengingat orang tua tidak bisa selalu mendampingi anak ketika anak tengah berada di lingkungan sekolah. Oleh karena itu Anda harus mencari solusi tepatnya supaya anak tidak lagi jajan sembarangan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat dilakukan agar kebiasaan jajan sembarangan bisa dihilangkan.

Latih Anak Rutin Sarapan Pagi

Kebiasaan sarapan pagi harus dilatih sejak dini. Apalagi sarapan berperan dalam memberi asupan nutrisi dan energi yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas pada hari itu. Terlebih untuk anak-anak yang cenderung sangat aktif. Mereka bergerak dengan lincah, berlari kesana-kesini dan lainnya.

Karena saking aktifnya, maka anak akan mudah lemas dan capek apabila sebelumnya tidak diajak sarapan. Untuk itu, pastikan Anda mengajak anak untuk menyantap sarapan pagi bersama. Agar anak tidak bosan, variasikan menu yang disajikan setiap harinya.

Bawakan Bekal Makanan Saat di Sekolah

Biasanya anak akan membeli jajanan saat jam istirahat pelajaran. Itu artinya, Anda dapat menyiasatinya dengan membawakan bekal makanan untuk anak. Bisa berupa makanan berat atau ringan maupun kombinasi antara keduanya. Jangan lupa berpesan pada anak agar bekal tersebut dihabiskan dan tidak perlu membeli jajanan lagi. Berikan reward apabila anak mau menghabiskan bekal yang Anda bawakan.

Sediakan Makanan Ringan Buatan Sendiri

Masa kanak-kanak tidak jauh-jauh dari jajan. Ya, tentu dulu ketika Anda masih kecil pun juga demikian. Supaya anak tidak lagi membeli jajanan di luar, Anda dapat membuatkan makanan ringan sendiri. Dengan begitu Anda bisa memastikan kebersihan dan nutrisi yang ada pada makanan ringan tersebut. Jenis-jenis jananan anak yang dibuat pun dapat divariasikan atau disesuaikan dengan keinginan anak.

Demikian kiat-kiat untuk menghilangkan kebiasaan anak jajan sembarangan. Oia, selain itu, Anda juga harus memberikan contoh yang baik pada anak. Jangan sekalipun membeli jajanan anak yang kurang terjamin kebersihan dan kesehatannya. Jelaskan pula pada anak mengapa anak tidak boleh membeli jajan sembarangan. Dengan begitu anak akan lebih mudah diajak kompromi.

0 komentar:

Posting Komentar