Selasa, 19 Juni 2018

Inilah Manfaat Memberikan Cemilan Pada Anak

Inilah Manfaat Memberikan Cemilan Pada Anak

Camilan tidak hanya disukai oleh Anda yang sudah dewasa, namun nak-anak pun menyukainya. Bedanya, Anda sudah bisa memilih manakan camilan yang menyehatkan dan mana yang tidak. Tapi anak-anak belum mampu memilih manakah yang baik untuk kesehatan dan sebaliknya. Selama camilan atau jajanan anak itu enak, pasti anak akan sering membelinya. Apalagi jika anak sedang di sekolah, mereka bisa dengan leluasa membeli jajan.

Tidak ada yang salah dengan ‘ngemil’. Tapi yang menimbulkan kecemasan adalah apabila anak sudah terbiasa membeli jajanan secara sembarangan. Padahal usia anak-anak harus diperhatikan betul nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Sebab apa-apa yang dikonsumsi anak sejak kecil berpengaruh dengan kesehatan anak nantinya.

Untuk itu, Anda sebaiknya memberikan pengertian kepada anak akan resiko jajan sembarangan. Selain itu, Anda juga harus tlaten menyediakan camilan untuk anak agar anak tidak tertarik jajan di luar. Hal ini karena tidak mungkin Anda melarang anak untuk ngemil, sebab pada kenyataannya camilan tetap dibutuhkan oleh anak. Ya, camilan juga bermanfaat untuk anak. Lalu apa saja manfaat ngemil bagi anak? Berikut ulasannya.

Menyeimbangkan Metabolisme

Seiring pertambahan usianya, anak membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dan lengkap. Apabila saat masih bayi anak cukup dengan meminum ASI, namun ketika anak sudah masuk usia sekolah tentu memerlukan nutrisi yang lebih banyak. Karena anak belum bisa makan banyak di jam makan beratnya, maka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh harus disiasati dengan memberikan camilan di sela-sela jadwal makan berat anak. Ini membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Tubuh membutuhkan banyak nutrisi setiap harinya. Tapi tidak semua nutrisi tersebut bisa didapatkan di jadwal makan utama (makan pagi, siang dan malam). Jadi, untuk memastikan bahwa tubuh sudah mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap, Anda harus memberikan camilan sehat untuk anak. Camilan atau jajanan anak tersebut bisa berupa buah-buahan, salad sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Alternatif Saat Anak Susah Makan

Meski sudah memasuki usia sekolah, tidak jarang ditemukan kasus anak susah makan. Itu artinya, kemungkinan tubuh anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Anak susah makan bisa disebabkan karena bosan makan nasi atau lauk yang itu-itu saja. Jadi, coba berikan camilan yang belum pernah dimakan anak. Berikan tampilan yang menarik pada camilan tersebut supaya anak tertarik untuk memakannya. Variasikan menu camilan sebaik mungkin agar anak tidak bosan.

Demikianlah beberapa manfaat memberikan camilan pada anak. Namun jajanan anak yang dimaksud disini adalah jajanan sehat ya bunda. Jadi, Anda juga harus berupaya meluangkan waktu untuk menyajikan camilan sehat untuk anak.

0 komentar:

Posting Komentar